Rabu, 22 Februari 2017

Pengertian komunikasi data

Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi di antara komputer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Jadi dapat disimpulkan komunikasi data adalah [3] [4]:
  1. Komunikasi Data adalah proses pertukaran data atau informasi
  2. Dalam kasus jaringan komputer pertukaran ini dilakukan antara dua perangkat melalui media transmisi.
  3. Proses ini melibatkan sistem komunikasi yang terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Bagian hardware melibatkan perangkat pengirim dan perangkat penerima dan media perantara yang digunakan untuk melewatkan data. Bagian perangkat lunak melibatkan aturan-aturan tertentu yang menentukan apa yang harus dikomunikasikan, bagaimana hal itu harus dikomunikasikan dan kapan. Hal ini juga disebut sebagai Protokol.
  4. Efektivitas sistem komunikasi data tergantung pada empat karakteristik mendasar berikut:
    1. Pengiriman: Data harus disampaikan ke tujuan yang benar dan pengguna yang benar.
    2. Akurasi: Sistem komunikasi harus memberikan data akurat, tanpa memperkenalkan kesalahan. Data mungkin rusak selama transmisi mempengaruhi keakuratan data yang disampaikan.
    3. Ketepatan waktu: Audio dan Video data harus disampaikan secara tepat waktu tanpa penundaan (delay) apapun, seperti pengiriman data disebut Real Time Data Transmission.
    4. Jitter: Ini adalah variasi dalam waktu kedatangan paket. Jitter tidak merata dapat mempengaruhi ketepatan waktu data yang ditransmisikan.

Jenis Aliran Data

Perangkat yang melakukan komunikasi antara satu dengan lainnya dengan cara mengirimkan atau menerima data. Aliran data antara dua perangkat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis [3]:

1. Simplex
Simplex adalah salah satu bentuk komunikasi antara dua belah pihak, dimana data dikirim secara satu arah. Data dikirim secara satu arah saja, stasiun yang satu bertindak sebagai transmitter dan stasiun yang lain bertindak sebagai receiver. Transmisi simplex tidak digunakan dalam komunikasi jaringan karena node-node dalam jaringan pada umumnya membutuhkan komunikasi secara dua arah.
Contoh: CPU mengirimkan data untuk ditampilkan di monitor (Gambar 1.3), Radio, Televisi.
3
Gambar 1.3 Metode Simple

2. Half Duplex
Half duplex adalah salah satu bentuk komunikasi data yang pengiriman datanya  secara bergantian dengan waktu yang berbeda. Bersifat one to one (satu pengirim satu penerima) atau one to many (satu pengirim banyak penerima).  Kedua stasiun dapat melakukan transmisi tetapi hanya sekali dalam suatu waktu atau secara bergantian sebagaimana terlihat pada Gambar 1.4. Contohnya: HT (Handytalky) dimana dalam HT seorang pengguna tidak dapat bebicara dan mendengar (mengirim atau menerima informasi percakapan apabila lawan bicaranya sedang mengirim informasi atau berbicara.
4
Gambar 1.4 Metode Half Duplex

3. Full Duplex
Data dikirim secara bersamaan dalam satu waktu. Suatu sistem komunikasi dikatakan full duplex jika pada sistem komunikasi ini dapat mengirimkan data dalam dua arah pada waktu yang sama (Gambar 1.5). Biasanya pada sistem ini memiliki dua kanal yang terpisah untuk setiap arahnya. Jaringan-jaringan komputer banyak  memanfaatkan metode pengiriman ini karena biayanya yang lebih murah. Contohnya: Telephone atau Handphone.
5
Gambar 1.5 Metode Full Duplex









Jenis data

Data merupakan kumpulan dari sederetan fakta dimana kemudian dapat dilakukan proses untuk mendapatkan informasi. terdapat banyak bentuk data yang dapat kita ambil. beberapa bentuk data yang biasa dipergunakan dalam komunikasi, adalah sebagai berikut:
  1. Teks
    1. Teks merupakan satu kesatuan yang terdiri dari susunan huruh baik huruf besar maupun huruf kecil serta beberapa simbol yang termasuk didalamnya.
    2. Teks tersimpan pada bits. sistem pengkodean yang biasa dipergunakan dalam teks adalah: ASCII (American Standard Code for Information Interchange)  dan Unicode
  2. Angka
    1. Angka terdiri dari kombinasi bit 0 sampai 9.
    2. Angka tersimpan pada bits. sistem pengkodean yang biasa dipergunakan dalam angka adalah: ASCII dan Unicode
  3. Gambar
    1. Masih ingat kata pepatah “sebuah gambar menjelaskan ribuan dari kata “. dalam komputer, gambar gambar dapat disimpan secara digital.
    2. Sebuah pixel merupakan elemen terkecil dari gambar. secara sederhana dapat dijelaskan bahwa sebuah gambar terdiri dari matrik elemen pgambar atau pixel.
    3. Pixel biasa dinyatakan dalam satuan bit. besarnya bit tergantung dari tipe gambar (hitam, putih atau berwarna) masing masing pixel akan membutuhkan angka yang berbeda untuk menunjukan nilai dari besaran pixel.
    4. besar ukuran dari gambar tergantung dari jumlah pixel yang terdapat pada gambar tersebut (atau biasa disebut resolusi) dan bits digunakan untuk menunjukkan nilai dari masing masing pixel.
    5. sebagai contoh, sebuah gambar yang hanya terdiri dari warna hitam dan putih (dua warna), dimana masing masing pixel dapat direpresentasikan dengan nilai 0 atau 1, jadi sebuah gambar terdiri dari 10 x 10 elemen pixel yang akan membutuhkan 100 bits memori penyimpan dalam komputer.
    6. jadisecara tidak langsung, sebuah gambar yang terdiri dari grayscale membutuhkan 2 bits untuk merepresentasikan setap nilai pixel (00 – hitam, 01 – gray gelap, 10 – gray terang, 11 – putih). jadi pixel 10 x 10 dari sebuah gambar aka membutuhkan 200 bits dari memori penyimpan.
    7. Format gambar yang sering dipergunakan: jpg, png, bmp, dll.
  4. Audio
    1. data juga dapat berbentuk suara yang dpat disimpan dan disebarkan. contoh: apa yang kita dengar dalam radio merupakan sebuah sumber data atau informasi.
    2. Audio bersifat kontinyu dan bukan diskrit.
  5. Video
    1. Istilah video merujuk pada penyebaran data dalam bentuk gambar bergerak atau film.
    2. format video biasanya dalam bentuk: WMV, FLV, MP4, dll
JARINGAN TKJ © 2017 Template by:
SMKS FATAHILLAH